Hierarki Perkembangan Bahasa Anak Tunagrahita


     Bahasa didefinisikan oleh Myklebust sebagai perilaku simbolik mencakup kemampuan mengikhtisaran, mengikatkan kata-kata dengan arti, dan menggunakannya sebagai simbol untuk berpikir dan mengekspresikan ide, maksud, dan perasaan. Myklebust mengemukakan lima tahapan abstraksi: sensori, persepsi, perumpamaan, simbolisasi, dan konseptualisasi. Kapasitas-kapasitas tersebut saling melengkapi dan dipandang sebagai tahap perkembangan yang berhubungan secara langsung dengan pengalaman.

              Visual receptive language reading

          Auditory expressive language speaking

          Auditory receptive language
          Comprehending spoken word

         Inner language
               Auditory symbol and experience

                                       Experience












Daftar Pustaka
Somantri, Sutjihati. 2005. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Comments

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR