CARA PENGAJARAN BAGI ANAK DISLEKSIA

Seorang anak dengan beberapa gejala kesulitan belajar yang mengarah kepada disleksia, baru dapat benar-benar diyakini jika anak tersebut memiliki IQ rata-rata atau bahkan ada pula yang diatas rata-rata. Dalam mengajari anak disleksia haruslah dengan penuh kesabaran. Berikut ini terdapat 2 cara pengajaran bagi anak disleksia:
·         Perkenalkan anak dengan huruf alphabet dari A sampai Z dan tidak jarang anak akan merasa kesulitan di beberapa huruf. Contonya, anak disleksia sulit membedakan huruf B dengan huruf D. jika anak tersebut belum dapat membedakan huruf B dan D maka ajarilah hurufnya satu per satu. Bimbing ia untuk menulis huruf B dengan ukuran yang besar dan ajak ia menikuti alur huruf B.
·         Jika anak sudah dapat membedakan hurufnya, cobalah untuk mengajarkan untuk melihat dan mendengar kata tersebut satu per satu. Contonya, tulis IBU dengan ukuran yang besar dan ucapkan secara berulang-ulang hingga ia dapat benar-benar mengenali dan dapat mengucapkan langsung begitu ia melihat kata “IBU”.
Biasanya buku-buku yang ditujukan bagi anak playground atau TK dirasakan dapat membantu yang tentunya juga harus dengan bimbingan keluarga maupun tenaga ahli.
Daftar Pustaka          
Papalia Diane. E, Sally Wendkos Olds , Ruth Duskin Feldman. 2001. Human Development eighth edition. New York : Mc Graw Hill
Somantri, Sutjihati. 2005. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Comments

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR