Apel

Apel

            Siapa sih yang gak tau apel??? Apel adalah buah yang paling popular dibanding buah-buah lainnya. Sangat besar kandungan nutrisi seperti: karbohidrat, pectin, vitamnin A, vitamin C, kalsium dan besi. Kandungan pectin terkenal sebagai antikolesterol dimana menyerap kelebihan air di dalam usus, memperlunak feses, dan memperbaiki otot pencernaan. Vitamin A yang ada di dalam apel berfungsi untuk menyembuhkan influenza, berkhasiat juga untuk menjaga kesehatan mata, dan mencegah kebutaan. Vitamin C penting untuk mempertahankan kesehatan urat syaraf, serta pembentukan tulang dan gigi.
            Dapat mengontrol keluarnya insulin sehingga tidak berlebihan. Mengkonsumsi apel secara teratur dapat menjaga keseimbangan gula darah, menurunkan tekanan dan kolesterol darah. Sebuah apel memiliki kalori sebesar 47 Kcal.
            Traditional apel biasa digunakan untuk mengobati sakit perut. Apel yang di parut di campur dengan sedikit madu sangat efektif untuk mengobati diare. Aroma apel menunjukkan efek penenang untuk syaraf yang tegang.
            Di Amerika terdapat sebuah sebutan, “An apple a day will keep the doctor away”, yang berarti “Makan sebuah apel sehari Anda tidak akan membutuhkan dokter lagi”.
            Agar tidak bosan mengkonsumsi apel setiap harinya, maka variasikanlah menu apel Anda. Apel selain bisa langsung dimakan, apel juga enak untuk di jus dan banyak orang mengatakan bahwa jus apel bagus untuk orang yang sedang diet loh. Jus apel juga bisa dikombinasikan dengan buah-buah lainnya seperti buah jambu biji merah, strawberry, lemon, nanas, wortel dan lain-lain sesuai dengan selera Anda.
            Cermatlah dalam memilih apel, karena terkadang kita menemukan apel yang kurang segar atau mengandung sisa-sisa pestisida dari kebun.
           
Tips Memilih Apel:
Pilihlah apel dengan warna merah menyala, mengkilap, mulus dan padat ketika disentuh. Coba tepukkan jari Anda pada apel tersebut, perhatikan suara renyah dan bersih dimana menandakan apel tersebut lebih segar, banyak mengandung air dan manis. Jangan lupa menyucinya terlebih dahulu agar terlepas dari kuman atau sisa pestisida yang melekat pada apel.

Comments

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR