Fobia Sosial

Fobia Sosial

     Dalam sebagian besar kelas terdapat minimal satu atau dua anak yang pendiam dan pemalu. Sering kali anak-anak ini hanya akan bermain dengan anggota keluarga atau teman sebaya yang akrab, menghindari orang asing, baik muda maupun tua. Sifat pemalu tersebut dapat menghambat mereka menguasai berbagai keterampilan dan berpartisipasi dalam beragam aktivitas yang disukai oleh sebagian anak-anak seusia mereka, karena mereka menghindari taman-taman bermain dan permainan yang dilakukan anak-anak di lingkungan tempat tinggal mereka. Walaupun beberapa anak pemalu hanya sekadar lambat dalam berpartisipasi, namun anak-anak yang menarik diri tidak pernah melakukannya, bahkan setelah bertemu orang-orang baru dalam waktu yang lebih lama.
     Anak-anak yang sangat pemalu dapat menolak sama sekali untuk berbicara dalam lingkungan sosial yang asing; kondisi ini disebut mutisme selektif. Dalam ruangan yang penuh orang mereka akan menempel dan berbisik pada orang tuanya, bersembunyi di balik perabotan, dan berdiam di sudut. Di rumah mereka bertanya tanpa henti pada orang tuanyabtentang situasi yang membuat mereka khawatir. Anak-anak yang menarik diri biasanya memiliki hubungan yang hangat dan memuaskan dengan para anggota keluarga dan teman-teman, keluarga, dan mereka menunjukkan keinginan untuk disayangi dan diterima.
     Karena seberapa parah sifat pemalu dan penarikan diri menjadi masalah bervariasi, hanya sedikit statistik reliabel yang dikumpulkan berkaitan dengan frekuensi gangguan ini. Sebuah estimasi adalah 1%anak-anak dan remaja dapat didiagnosis menderita fobia sosial; hal itu lebih merupakan masalah pada remaja yang merupakan usia di mana kekhawatiran tentang pendapat orang lain dapat menjadi akut.

Referensi :
Davison, Gerald C., Neale, John M., & Kring, Ann M. (2006). Psikologi Abnormal edisi kesembilan. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR