Masalah Khusus dalam Menangani Anak-anak dengan Autisme

      Anak-anak dengan autism memiliki beberapa karakteristik yang membuat mereka sulit ditangani. Salah satunya, mereka tidak dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap perubahan rutinitas, dan karakteristik serta tujuan utama penaganan mencakup perubahan. Karakteristik lain, pengisolasisan diri, dan gerakan stimulasi diri yang mereka lakukan dapat menghambat pengajaran efektif. Meskipun perilaku yang sama pada anak-anak dengan disabilitas lainnya dapat menghambat berbagai upaya guru, tidak dengan frekuensi dan keparahan yang sama dengan autism.
Selain itu, sangat sulit menemukan cara untuk memotivasi anak-anak dengan autism. Agar dapat berdampak negative pada anak-anak tersebut, penguat harus eksplisit, konkret dan sangat menonjol. Sebuah metode yang banyak digunakan dengan meningkatkan rentang penguat yang direspons oleh anak-anak autistik adalah memasangkan penguatan sosial, seperti pujian dengan penguat primer, seperti membuatkan masakan yang sangat diinginkan.
     Masalah lain yang sering kali menghambat pembelajaran anak-anak dengan autisme adalah selektivitas mereka yang berlebihan dalam mengarahkan perhatian. Bila perhatian si anak terfokus pada satu aspek tertentu dalam tugas atau situasi, maka muatan lain, termasuk yang memiliki relevansi, dapat diabaikan sama sekali. Karakteristik selektivitas yang berlebihan dalam perhatian yang diberikan anak-anak tersebut sangat menyulitkan mereka untuk menggeneralisasi atau menerapkan pembelajaran ke berbagai bidang. Contohnya, anak yang telah mempelajari beberapa kata dengan mengamati gerak bibir instruktur dapat tidak memahami kata-kata yang sama yang diucapkan oleh orang lain dengan gerak bibir yang kurang tegas.
Terlepas dari semua masalah tersebut, berbagai program pendidikan untuk anak-anak dengan autisme telah memberikan beberapa hasil positif. Semakin dini anak tersebut mendapatkan program pendidikan dan pengasuhan khusus, maka akan semakin mudah untuk mengajarinya.

Referensi :
Davison, Gerald C., Neale, John M., & Kring, Ann M. (2006). Psikologi Abnormal edisi kesembilan. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Comments

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR