Analisis Perbandingan Website Lowongan Pekerjaan

        Di era globalisasi yang serba cepat ini, manusia banyak sekali diberikan kemudahan dengan memanfaatkan kemajuan jaman dan teknologi yang berkembang. Hal tersebut tidak terkecuali dalam mencari lowongan pekerjaan. Jika dahulu orang yang ingin mencari pekerjaan harus melihat dari lowongan di koran/majalah ataupun menghampiri kantor/perusahaan itu secara langsung, namun kini orang yang ingin melamar atau mencari pekerjaan hanya dari rumah. Mereka dapat mencari lowongan pekerjaan tersebut melalui website-website yang menginformasikan daftar pekerjaan yang disediakan perusahaan-perusahaan yang juga menjadi member dalam website tersebut, sehingga mencari pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat dan efisien baik dalam waktu maupun biaya. Untuk itu, marilah kita coba untuk membandingkan 2 website lowongan pekerjaan.
Tampilan home dari carikarir.com yang merupakan website sumber daya manusia terutama proses pencarian tenaga kerja online, tetapi disini bukan hanya diperuntukan pencari kerja saja tetapi untuk penyedia kerja juga. Selain itu pada website ini juga menyediakan berbagai informasi menarik seperti tik dan trik yang menunjang karir maupun berita-berita terkini yang bermanfaat baik untuk pencari kerja dan penyedia kerja. Pada website ini pun menyediakan kontak customer service yang aktif pada jam dan hari kerja.
Untuk melakukan pendaftaran bagi pencari kerja, klik di Pencari Kerja. Sebelum mendaftar, pengunjung website ini diberikan aturan-aturan yang berlaku di website ini, lalu di minta untuk memilih apakah setuju atau tidak setuju. Jika setuju, maka pengunjung website ini baru dipersilahkan untuk mengisi form pendaftaran. Calon pencari kerja diminta untuk mengisi semua data diri yang disediakan di website tersebut, dan setelah selesai klik Kirim Formulir. Setelah mengirimkan formulir maka tunggu beberapa saat karena account  baru dapat aktif dan dapat digunakan setelah diaktivasi oleh moderator dan mendapatkan email dari carikarir.com

Setelah account sudah diaktivasi, maka pencari kerja silahkan mengisi data untuk mencari lowongan kerja yang diinginkan berdasarkan daerah yang diinginkan, kategori pekerjaan yang diinginkan, pendidikan terakhir yang dicapai dan tipe waktu bekerja yang diinginkan.  
Gambar diatas merupakan contoh dari hasil pencarian lowongan kerja yang dicari. Jika memang tersedia maka terlihat perusahaan-perusahaan yang mencari tenaga kerja sesuai kriteria si pencari kerja, namun jika memang tidak tersedia maka akan tampil tulisan “Hasil Pencarian anda tidak ada untuk saat ini...
Fasilitas yang ditawarkan website ini sangat menarik, sehingga para pencari kerja dapat langsung mengetahui perusahaan mana saja yang membutuhkan pekerja seperti kriteria sang pencari kerja. Selain itu, dalam mencari kerja di website ini daerah yang di jangkau dapat lebih detail, misalnya jika kita memilih provinsi, maka nanti akan tampil daftar provisnsi yang ada di Indonesia, lalu kemudian akan tampil pula kota-kota besar dalam provinsi tersebut.
Selain website carikarir.com, para pencari kerja diberikan berbagai alternatif pilihan untuk mencari kerja, salah satunya adalah jobindo.com. Website ini tidak hanya diperuntukkan bagi pencari kerja saja, tetapi juga bagi perusahaan yang menyediakan pekerjaan.
http://www.jobindo.com
          Bagi pencari kerja, dapat langsung mengisi kolom-kolom yang disediakan untuk pencarian lowongan berdasarkan posisi jabatan, kategori yang diinginkan dan lokasinya. Kategori-kategori yang disediakanpun cukuplah lengkap. Untuk memahaminya lebih lanjut, mari kita ambil contoh jika para pencari kerja ingin mencari informasi yang dibutuhkan. Hal yang pertama dan terpenting adalah membuat account di bagian kiri website bagi pencari kerja. 
      Untuk mendaftar dan membuat account dalam website ini cukuplah mudah. Identitas yang diperlukan anatara lain, email, password, jenis kelamin, nama, tempat tanggal lahir, etnis/suku bangsa, status perkawinan, alamat lengkap, nomer hp dan di tambah dengan pengalaman kerja (jika ada). Jika data diri yang dimasukkan sudah lengkap, maka akan ada konfirmasi ke email bahwa kita telah berhasil dalam menjadi member dalam website tersebut. 
          Website ini pun menyediakan informasi tentang lowongan kerja terbaru, lengkap dengan tanggal dibuka lowongan, posisi yang ditawarkan, minimal pendidikan, nama perusahaan, lokasi perusahaan dan beserta gajinya.


      Berdasarkan dua website tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya kedua website tersebut memberikan manfaat baik untuk pencari kerja maupun perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan. Selain itu juga kedua website ini memperbolehkan member untuk mengupdate CV mereka. Pada website carikarir.com dapat diketahui selain fasilitas umum tersebut website itu menyediakan fasilitas lain seperti tip dan trik dalam hal pekerjaan, berita-bertia terkini dan tampilannya yang userfriendly sehingga bagi pemula yang ingin bergabung dalam website tersebutpun tidak kesulitan. Untuk detail lokasi yang dijangkau dalam lowongan pekerjaan inipun lebih detail, tidak hanya provinsi yang dijangkau tetapi kota-kota besar dalam provinsi tersebut juga terjangkau. Saat ada pengunjung website yang merasa kebingungan dan membutuhkan lebih banyak informasi, mereka dapat dengan mudah untuk menanyakan hal-hal tersebut kepada customer service yang akan aktif saat jam kerja di hari kerja.
          Pada website jobindo.com, banyak hal yang serupa dengan website carikarir.com. Perbedaannya adalah  adanya fasilitas yang menawarkan untuk berlangganan lowongan pekerjaan, kelenngkapan informasi lowongan pekerjaan yang tersedia termasuk dalam persyaratan pendidikan minimal maupun gajinya (tidak seperti di website sebelumnya). Disini juga terdapat artikel tentang pekerjaan, tetapi tidak terlalu terlihat di dalam home sehingga kurang menarik perhatian pengunjung website.
          Nah, setelah menganalisis kedua perbandingan website tersebut, kini keputusan untuk menggunakan jasa website tersebut berada di tangan Anda. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari pekerjaan ya :)

Salam sukses !!
God bless all

Comments

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR