Kriteria Gangguan Austistik dalam DSM-IV-TR
· Enam atau lebih dari criteria pada A, B, dan C di bawah ini, dengan minimal dua kriteria dari A dan masing-masing satu dari B dan C.
A. Dalam interaksi sosial yang terwujud dalam minimal dua dari kriteria berikut:
- Yang tampak jelas dalam penggunaan perilaku nonverbal seperi kontak mata, ekspresi wajah dan bahasa tubuh.
- Kelemahan dalam perkembangan hubungan dengan anak-anak sebaya sesuai dengan tahap perkembangan.
- Kurang melakukan hal-hal atau aktivitas bersama orang lain secara spontan.
- Kurangnya ketimbalbalikan sosial atau emosional.
B. Dalam komunikasi seperti terwujud dalam minimal satu dari kriteria berikut:
- Keterlambatan atau sangat kurangnya bahasa bicara tanpa upaya untuk menggantinya dengan gerakan nonverbal.
- Pada mereka yang cukup mampu berbicara, hal yang tampak jelas dalam kemampuan untuk mengawali atau mempertahankan percakapan dengan orang lain.
- Bahasa yang diulang-ulang atau idiosinkratik.
- Kurang bermain sesuai dengan tahap perkembangannya.
C. Perialku atau minat yang diulang-ulang atau stereotip, terwujud dalam minimal satu dari kriteria berikut ini:
- Preokupasi yang tidak normal terhadap objek atau aktivitas tertentu.
- Tingkah laku stereotip.
- Preokupasi yang tidak normal pada bagian tertentu dari suatu objek.
· Keterlambatan atau keberfungsian abnormal dalam minimal satu dari bidang berikut, berawal sebelum usia 3 tahun: interkasi sosial, bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain atau permainan imajinatif.
· Gangguan yang tidak dapat dijelaskan sebagai gangguan Rett atau gangguan disintegratif di masa kanak-kanak.
Referensi:
Davison, Gerald C., Neale, John M., & Kring, Ann M. (2006). Psikologi Abnormal edisi kesembilan. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.
Papalia Diane. E, Diana Gross, Ruth Duskin Feldman. 2007. Human Development tenth edition. New York : Mc Graw Hill
Comments
Post a Comment