JENIS-JENIS DYSLEXIA

  • Dyspraxia
Dyspraxia (disprasia) merupakan masalah yang berhubungan erat dengan aspek perkembangan sensorik-motorik yang melibatkan kecacatan atau ketidakmatangan dalam pengelolaan penggerakkan. juga bermasalah dengan bahasa, persepsi, dan pemikiran. Perkembangan dyspraxia sering disebut "sindrom anak ceroboh" yaitu ketidakdewasaan cara otak dalam memproses informasi, sehingga pesan tidak benar atau sepenuhnya dapat diteruskan.sehingga terkadang membuat anak terlihat gugup dan kurang mampu mengkoordinasikan tubuhnya.

  • Dysgraphia
Dysgraphia atau disebut juga agraphia adalah ketidakmampuannya untuk menulis, terlepas dari kemampuan untuk membaca, bukan karena penurunan nilai intelektual. Mereka juga bisa tata bahasa dasar dan kurangnya keterampilan ejaan dan seringkali menulis kata-kata yang salah ketika menuangkan pikirannya secara tertulis. Dysgraphia adalah istilah yang diberikan kepada pendidikan yang merupakan dampak paling signifikan dari kondisi dan mengacu pada ketidakmampuan untuk menahan atau mengontrol pensil sehingga tanda-tanda yang benar dapat dibuat di atas kertas.

  • Alexia tanpa agraphia
Alexia tanpa agraphia adalah ketika pasien dapat menulis tetapi tidak bisa membaca, bahkan membaca tulisan yang telah mereka tulis sendiri. Hal ini karena korteks visual kiri telah rusak, hanya menyisakan korteks visual kanan (lobus oksipital) yang dapat memproses informasi visual, namun tidak dapat mengirimkan informasi ini ke daerah-daerah bahasa

Comments

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR