KELEMAHAN PERSEPTUAL ATAU PERSEPTUAL-MOTORIK


          Kelemahan perseptual dan perseptual-motorik merujuk kepada masalah yang sama. Persepsi berfungsi membedakan stimulus sensoris, yang pada gilirannya harus diorganisasikan ke dalam pola-pola bermakna. Jika kelemahan perseptual-motorik terjadi, integrasi antara persepsi dan gerak motorik akan terganggu. Kondisi ini menjadikan anak tidak dapat melakukan pengamatan secara tepat dan tidak mampu menterjemahkan pengamatan itu ke dalam alur gerak motorik, dan bahkan anak tidak dapat mendengar dan melihat secara normal. Biasanya anak yang mengalami gangguan perseptual motorik ini mengalami kesulitan dalam memahami dan menyatakan ide.
Simptom umum yang sering ditunjukkan oleh anak yang mengalami Kelemahan perseptual dan perseptual-motorik, antara lain:
·         Kemiskinan koordinasi visual-motorik
·         Gangguan keseimbangan badan pada waktu berjalan maju, mundur, dan menyimpang
·         Kurang terampil dalam melompat
·         Kesulitan mengamati diri dalam konteks ruang dan waktu
·         Kesulitan melakukan gerak ritme normal; saat menulis cenderung mengurangi atau menambah ukuran, bentuk, warna dan ketebalan
·         Kesulitan dalam mengikuti konsistensi objek

Daftar Pustaka          
Somantri, Sutjihati. 2005. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Comments

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR