MASALAH DAN DAMPAK DARI ANAK BERKESULITAN BELAJAR


MASALAH DAN DAMPAK DARI ANAK BERKESULITAN BELAJAR
Secara umum perilaku bermasalah yang muncul dari kesulitan belajar terutama terkait dengan masalah penyesuaian diri maupun akademik anak, hubungan sosial, dan stabilitas emosi
·         Bagi penderita (anak berkesulitan belajar)
Kondisi seperti ini dapat menimbulkan frustasi atau cemas yang berlebihan karena dia selalu mengalami kegagalan dalam memenuhi tuntutan dan tugas belajar.
·         Bagi keluarga
Kondisi seperti ini dapat menimbulkan kekhawatiran orangtua, apalagi jika orangtua tidak memahami masalah yang dialami anaknya. Kekecewaan, perasaan, dan pikiran aneh bisa muncul pada orangtua dan tidak mustahil menimbulkan frustasi orangtua atau keluarga. Oleh karena itu, keluarga terutama orangtua haruslah memperhatikan benar proses belajar anak agar dapat mengetahui sejauh mana sang anak dapat menerima pelajaran atau bahkan waspada jika anak tersebut sangat sulit menyelesaikan tugas belajarnya sebagai gejala anak yang berkesulitan belajar.
·         Bagi penyelenggara pendidikan
Menimbulkan dampak terhadap perlunya penempatan dan pelayanan khusus yang lebih baik jika diwujudkan dalam layanan semacam resource room, dimana anak memperoleh layanan dan adanya konsultasi bagi guru kelas untuk anak berkesulitan belajar. Melalui kegiatan bersama antara guru kelas dan guru khusus tadi, rancangan layanan pendidikan dan psikologis dikembangkan. Namun sayangnya kesadaran untuk layanan anak-anak berkesulitan belajar masih belum terlalu banyak dirasakan dan dimanfaatkan bagi anak-anak berkesulitan belajar.
Daftar Pustaka
Somantri, Sutjihati. 2005. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Comments

Popular posts from this blog

KEPADATAN DAN KESESAKAN

PRO KONTRA INTERNET

Keterbatasan Sosial dan Keterbatasan Fungsi Mental Anak MR