Penanganan Depresi Masa Kanak-kanak
Anak-anak usia sekolah kelas lima dan enam menunjukkan perbaikan kondisi depresi setelah menjalani intervensi permainan peran dalam kelompok kecil yang berkonsentrasi pada intruksi dalam keterampilan sosial dan penyelesaian masalah sosial dalam berbagai situasi penuh stress. Pelatihan keterampilan sosial diharapkan untuk membantu anak yang mengalami depresi dengan mengajarkan kepada mereka berbagai cara behavioral dan verbal agar dapat terlibat dalam lingkungan yang menyenangkan dan menguatkan, seperti menambah teman dan bergaul bersama teman-teman sebaya. Berbagai temuan Stark dkk. (1996) mengindikasikan bahwa beberapa anak yang mengalami depresi mengtahui bagaimana berhubungan dengan orang lain secara pantas namun tampaknya tidak dapat mempraktikannya karena adanya berbagai pikiran negative dan ketegangan fisiologis. Hal ini menunjukkan bahwa berbagai intervensi kognitif dan bagi beberapa anak, prosedur seperti pelatihan relaksasi juga dapat bermanfaat. Secara keseluruhan, berbagai penanganan yang mencakup pelatihan keterampilan sosial, penyelesaian masalah dan teknik-teknik kognitif seperti yang digunakan secara berhasil pada orang dewasa terbukti efektif.
Penanganan bagi anak-anak yang mengalami depresi dapat memberikan hasil terbaik dengan menggunakan suatu pendekatan berspektrum luas yang tidak hanya melibatkan si anak, namun juga keluarga dan sekolah.
Referensi :
Davison, Gerald C., Neale, John M., & Kring, Ann M. (2006). Psikologi Abnormal edisi kesembilan. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.
Comments
Post a Comment